Sabtu, 18 Mei 2013

7 Langkah Menentukan Harga Produk


Harga yaitu di antara perihal sebagai pertimbangan customer saat memilih serta beli sesuatu product. Harga yang bagus yaitu harga yang lumrah, berarti tinggi rendahnya harga sesuai dengan kualitas barang yang di tawarkan. Walau harga yang ditetapkan pada satu product tingginya selangit, tetapi apabila kualitasnya terjamin serta terbaik, maka product tersebut tentu terus dapat laris pada segmen spesifik. Anda dapat tengok perumpamaannya pada penjualan iphone serta blackberry. Walau merk ponsel-ponsel tersebut di tawarkan dengan harga yang mahal, tetapi terus laku manis dikarenakan produknya memanglah bermutu. Lantas mengambil keputusan patokan harga yang sewajarnya yaitu poin penting dalam kiat membangun bisnis anda. Dari label kaos Dibawah ini di jabarkan 7 langkah saat menetapkan harga ( set price ) product yang dapat anda menawarkan :

1. Kalkulasikan cost yang dihabiskan
Saat memberikan patokan harga yang dapat di tawarkan ke customer, langkah awal yang harus anda kerjakan yaitu menghitung jumlah cost yang dikeluarkan untuk menghasilkan atau mendatangkan product tersebut. Bikin daftar biaya-biaya yang nampak, layaknya cost produksi, cost material, cost perlengkapan, dana pemberian komisi, sampai cost distribusinya. Kalkulasilah dengan cermat jumlah cost yang habis dimulai dari tak adanya barang sampai barangnya sampai di tangan customer atau ke reseller.

2. Kalkulasi estimasi beban usaha
Langkah ke-2 yaitu perkirakan juga beban usaha yang tidak berkenaan segera dengan cost produksi atau cost untuk mendatangkan product tersebut. Contohnya cost sewa gudang untuk stock barang atau cost administrasi yang lain. Lantas imbuhkan cost beban tersebut pada hpp ( harga pokok penjualan ) atau arti asingnya biaya of goods sold ( cogs ).

3. Kalkulasikan keuntungan kotor serta keuntungan bersih
Selisih pada hpp dengan harga jual product dimaksud dengan laba kotor ( gross profit ). Perbandingan pada laba kotor dengan laba penjualan dimaksud dengan margin laba kotor. Sesudah anda membayar cost beban dengan laba kotor tersebut, maka sisanya yaitu laba bersih ( net profit ). Anda mesti mematok harga yang cukup supaya membuahkan laba kotor yang dapat menutupi cost beban, hingga sisanya yaitu keuntungan bersih anda.

4. Cermati harga yang di tawarkan kompetitior anda
Mengkalkulasikan seluruh cost yang timbul pada product usaha anda belumlah cukup jadikan sebagai patokan saat menetapkan harga jual ( set price ). Anda mesti lihat variasi harga yang di tawarkan beberapa pesaing. Selidiki kenapa harga nya lebih rendah atau lebih mahal dari harga rata-rata pasar. Apa yang kurang serta kian lebih tiap-tiap product pesaing dibanding dengan product anda.

5. Mengerti alur penjualan product anda
Memahami bagaimana alur product anda dari mulai sistem produksi sampai ke tangan customer, maka anda bisa lebih gampang memperkirakan harga yang cocok di pasaran. Apabila anda cuma jual sampai ke tangan pengecer ( reseller ), maka harga yang dipatok pasti lebih rendah dari harga pasar supaya mereka juga beroleh keuntungan yang optimal. Pengusaha-pengusaha mini market menuntut harga yang sangat murah supaya mereka dapat jual dengan harga yang terus terjangkau.

6. Cermati layaknya apa situasi rata-rata customer di lokasi pemasaran anda
Barangkali product yang anda jual yaitu product yang punya banyak keunggulan, tetapi bila tak ada yang akan membayar dengan harga yang anda menawarkan, maka anda mesti segera lakukan penyesuaian. Lantas sebelum saat melempar product ke pasaran, cermatilah terlebih dulu situasi rata-rata calon customer anda, contohnya yang menyangkut perekonomian, pola hidup, keperluan, serta yang lain ( cermati situasi pasar skala lokal, atau nasional, ataupun regional ).

7. Tinjau ulang harga anda dengan reguler
Tak ada formula yang pas saat mensetting sesuatu harga jual untuk satu product. Kerjakan tinjauan dengan berkala bagaimana fluktuasi harga rata-rata pasar atau bagaimana dampak-dampak yang nampak dari penawaran harga yang anda menawarkan pada situasi bisnis usaha anda.

Demikian tips 7 Langkah Menentukan Harga Produk yang anda jual, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar